SBY: Bimbingan Agama dan Pendidikan untuk Tangani Terorisme

sby-dalam-1Jakarta – Penanganan akar masalah terorisme tidak bisa hanya dengan pendekatan kepolisian. Diperlukan pendidikan dan bimbingan keagamaan yang bebas radikalisme.

Sebab mayoritas pelaku terorisme diketahui mendapatkan dorongan dari ajaran keagamaan dengan konsep yang radikal. Bagi mereka aksi teror terkait dengan jalan untuk menuju ke surga.

Demikian kata Presiden SBY dalam rakor dengan seluruh gubernur plus TNI dan Polri. Rakor melalui video conference berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Kamis (30/7/2009).

“Ini soal konsep berpikir, tidak bisa diatasi dengan sistem senjata apa pun. Cara mengatasinya membangun alam berpikir yang tepat. Maka agama dan pendidikan cara yang tepat atasi masalah ini,” ujar SBY.

Bersamaan dengan dua cara itu, perlu aksi pembangunan buat meningkatkan kesejahteraan rakyat. Kuat dugaan kesulitan ekonomi merupakan faktor kuat pendorong seseorang mudah terpikat pada padangan
radikalisme.

Lebih lanjut SBY mengatakan hampir lima tahun terakhir bangsa Indonesia menikmati suasana yang aman dari aksi terorisme. Maka ledakan bom 17 Juli lalu merupakan kemunduran yang harus dihentikan
agar tidak makin mundur.

“Teror yang terjadi 17 Juli boleh kita katakan sebuah kemunduran. Kita tak mau lebih mundur lagi, harus kita tahan pada titik ini,” ujar SBY.

Tapi bila dibandingkan aksi serangan teror bom sebelumnya, kali ini tidak terlihat adanya kepanikan yang berlebihan dari masyarakat. Menurut SBY hal ini menunjukkan bahwa ketahanan dari masyarakat sekarang sudah jauh lebih baik.

“Ini patut disyukuri,” imbuhnya.

(lh/mok)
RESOURCE : http://www.detik.com

One response to “SBY: Bimbingan Agama dan Pendidikan untuk Tangani Terorisme

  1. kita indonesia jangan prnah mundur,,,lawan smua masalah yang ada semampu kita,,,
    tetap semangat,,,
    rakyat percaya pak SBY mampu mengatasi semua ini,,,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s