Akhirnya Muchdi Pr Bebas

20081231114148
Mantan Deputi V Badan Intelijen Negara, Muchdi Purwoprandjono, divonis bebas oleh Majelis Hakim Pengadilan Jakarta Selatan.

Menurut majelis hakim, Muchdi PR tidak terbukti telah memberi perintah untuk membunuh pegiat hak asasi Munir, yang tewas dalam pesawat Garuda Indonesia Jakarta-Amsterdam.

“Majelis berpendapat bahwa Jaksa Penuntut Umum tidak dapat membuktikan dakwaannya bahwa terdakwa telah menganjurkan atau membujuk Pollycarpus untuk melakukan pembunuhan berencana terhadap Munir,” kata anggota Majelis Hakim, Ahmad Yusak.

Jaksa penuntut menyatakan akan segera menyiapkan memori kasasi atas putusan ini, seperti dilaporkan wartawan BBC, Dewi Safitri yang meliput sidang sidang tersebut.

Sementara itu pengacara Muchdi mengatakan akan menggugat balik 4 orang yang disebutnya melakukan fitnah dan pencemaran nama baik.

Keempatnya adalah Suciwati, istrinya Munir, Usman Hamid, Pungky Indarti, dan Hendardi.

Bukti tak kuat
Usai vonis Jaksa Abdul Hakim Ritonga mangatakan akan menyiapkan kasasi, yang menurutnya tidak memerlukan bukti-bukti baru.

Dalam memutuskan bebasnya Muchdi PR, majelis hakim berpendapat jaksa tak dapat membuktikan dakwaannya, baik dakwaan primer maupun sudsidernya.

Menurut majelis, semua alat bukti yang diajukan jaksa tak mengarah pada adanya keterlibatan Muchdi dalam pembunuhan Munir.

Dalam kasus pembunuhan Munir ini, hakim telah menjatuhkan hukuman atas Pilot Garuda Indonesia, Pollycarpus Priyanto, berupa 20 tahun penjara.

Sementara itu mantan Direktur Utama, Indra Setiawan, diganjar hukuman 1 tahun penjara.

Munir meninggal di dalam pesawat Garuda Indonesia saat menuju Amsterdam pada Tahun 2004, Belanda, dan ditemukan kandungan arsenik di tubuhnya.

SUMBER : BBC INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s