Lomba Penulisan Ibnu-Khaldoun 2007

images.jpeg(Kedai Kebebasan – Jakarta) Kesempatan yang berharga kembali ditawarkan oleh sebuah lembaga think tank, Atlas Economic Research Foundation, bagi para mahasiswa yang ada di seluruh dunia, terutama negara-negara dengan mayoritas berpenduduk Muslim, untuk mengikuti lomba penulisan yang bertemakan “Ekonomi dan Kebebasan didalam Masyarakat Islam”

Lomba penulisan ini telah memasuki tahun kedua dan pada tahun ini Atlas Foundation memakai tema yang berhubungan dengan kebijakan ekonomi pasar bebas dan kebebasan didalam masyarakat Islam. Perlombaan ini sengaja menggunakan nama Ibnu Khaldoun guna memberikan penghormatan kepada berbagai karya yang dihasilkan oleh pemikir sekaligus sejarahwan Islam, ekonom, dan sosiolog yang hidup di abad – 14. Tulisan-tulisannya terus mengilhami berbagai pemikir pasar bebas sesudahnya hingga hari ini, menganjurkan adanya tanggungjawab pemerintah untuk mendorong munculnya kemakmuran ekonomi dan bangsa yang berperadaban.

Atlas Economic Research Foundation didirikan pada tahun 1981 oleh almarhum Sir Antony Fisher. Lembaga yang berkantor pusat di Arlington, Virginia (USA), ini merupakan sebuah lembaga nirlaba yang mendorong penyebaran gagasan kebebasan ke se antero dunia dengan jalan membantu pertumbuhan, perkembangan dan memperkuat jaringan lembaga-lembaga pemikiran dan riset yang berorientasi pasar.

Tentang Perlombaan:

Lomba penulisan Ibnu Khaldoun 2007 ini mengundang partisipasi kaum muda untuk menulis sebuah essay yang merefleksikan pandangan mereka mengenai hubungan antara ekonomi dan kebebasan di dalam konteks Islam. Para pelajar dan mahasiswa ini dapat menulis mengenai sejarah atau kebijakan ekonomi yang diterapkan pada masa kini atau kebijakan yang memperkuat atau memperlemah tingkat kebebasan atau kesejahteraan di negara atau kawasan mereka. Mereka dapat menulis sebuah rekomendasi kebijakan, memberikan penekanan pada prinsip-prinsip hak kepemilikan, perdagangan bebas, globalisasi, dan lain sebagainya yang mengacu pada kerangka atau konteks pemikiran ekonomi Islam.

Pemenang lomba akan memperoleh penghargaan berupa:

$2,000 US bagi pemenang pertama
$1,000 US bagi pemenang kedua
$500 US bagi pemenang ketiga
$250 US masing-masing diberikan pada dua orang penerima Honorable Mentions.

Tulisan-tulisan pemenang akan dimuat dalam situs Atlas Foundation: http://www.atlasusa.org dan Azad – Newsletter yang diterbitkan oleh Atlas tentang kebebasan di Timur Tengah. Pemenang juga diberikan prioritas kesempatan untuk mengikuti berbagai workshop regional yang diadakan oleh Atlas di kawasan Timur Tengah, seperti Mesir, Yordania, Yaman, dan Maroko.

Petunjuk penulisan:

Tulisan tak boleh kurang dari 800 kata dan lebih dari 1,400 kata, diketik, dua spasi, dengan mencantumkan catatan kaki. Tulisan yang dikirim dapat menggunakan bahasa Inggris maupun Arab.

Siapa yang dapat mengikuti lomba:

Perlombaan ini terbuka bagi mahasiswa perguruan tinggi yang berusia dibawah 30 tahun. Setiap kontestan juga diminta untuk mengirimkan kurikulum vitae singkat, riwayat pendidikan yang dijalani dan riwayat pekerjaan, jika telah bekerja. Semua yang memenuhi persyaratan diatas berhak untuk mengikuti perlombaan tanpa ada diskriminasi ras, jenis kelamin, kebangsaan, etnik asal, kewarganegaraan, ataupun agama.

Batas akhir pengiriman:

Seluruh tulisan harus telah diterima sebelum atau paling lambat pada tanggal 15 November 2007.

Proses penjurian:

Tulisan yang masuk akan dinilai oleh sekelompok juri berdasarkan kriteria kejelasan dan kepadatan isi tulisan, keterkaitan dan logika, kemampuan meyakinkan, dan kemampuan menawarkan suatu rekomendasi atau solusi yang dapat dipraktekkan.

Pendaftaran dan pengiriman naskah dapat ditujukan pada:

sajid.anani@atlasusa.org

Info lebih lanjut dapat kunjungi situs atlas foundation : http://www.atlasusa.org/V2/ind/

3 responses to “Lomba Penulisan Ibnu-Khaldoun 2007

  1. Seneng sekali Mas, info yang ada di situs Kedai Kebebasan ikut disebar luaskan. Salam kenal…

  2. saya hanya mau menanyakan bagimana tentang lomba apakah dapat menggunakan bahasa Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s