pejabat Dinas Pekerjaan Umum (PU) NTB terkait kasus dugaan korupsi

MATARAM, KOMPAS.com – Penyidik Kejati NTB segera menahan empat pejabat Dinas Pekerjaan Umum (PU) NTB terkait kasus dugaan korupsi pada proyek peningkatan jalan dan jembatan nasional tahun anggaran 2008.

“Pekan depan keempat tersangka itu diperiksa, dan kalau sudah dilakukan pemeriksaaan pasti ditahan demi kelancaran proses penyidikan,” kata Kajati NTB HM Amari di Mataram, Sabtu.

Amari mengatakan pihaknya sudah menandatangani surat perintah penyidikan (Sprindik) terhadap empat pejabat PU itu pada Jumat (17/4) lalu untuk ditindaklanjuti oleh penyidiknya. Keempat pejabat PU tersebut adalah pejabat pembuat komitmen (PPK) proyek peningkatan jalan nasional di Kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah, dan Lombok Timur serta PPK proyek peningkatan jembatan nasional di Pulau Sumbawa.

“Keempat pejabat PU ini semuanya PPK, dan indikasi dugaan korupsinya cukup jelas, yakni proyek fiktif yang merugikan negara ratusan juta hingga miliaran rupiah. Nama keempat tersangka itu saya lupa, nanti saya berikan,” katanya ketika ditemui di sela pertemuan ramah tamah pengurus Adhyaksa Dharma Karini NTB.

Amari mengatakan Kejati juga akan menempuh kebijakan penahanan terhadap empat tersangka lainnya dalam kasus dugaan korupsi pada proyek peningkatan jalan nasional di Kota Mataram, setelah mereka menjalani pemeriksaan.

Akhir Maret lalu Kejati NTB menetapkan lima tersangka yang diduga melakukan korupsi pada proyek jalan nasional di Kota Mataram yang berindikasi merugikan negara sebesar Rp3,3 miliar dari total anggaran Rp14 miliar lebih.

Selain pejabat Dinas PU NTB Ir Abdurahman His MT yang dijebloskan ke Lapas Mataram setelah diperiksa selama empat jam lebih pada Senin (30/3) lalu, segera menyusul empat tersangka lainnya. Keempat tersangka itu inisialya M, H, L dan A. Mereka dari kalangan pengelola proyek, seperti panitia tender, PPK, kuasa pengguna anggaran (KPA) serta pengawas proyek. – Sabtu, 18 April 2009 | 16:10 WIB [ABI Sumber : Ant]

About these ads

2 responses to “pejabat Dinas Pekerjaan Umum (PU) NTB terkait kasus dugaan korupsi

  1. solusi jangak panjang untuk pemberantasan korupsi di mulai dari keluarga ,disekolah. Semoga generasi esok bisa merubah segala menjadi baik

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s